Jumbo Headline!

Got something important to say? Then make it stand out by using the jumbo headline option and get your visitor’s attention right away.

5 Musisi Ternama Indonesia Ini Pernah Dituding Plagiat

5 Musisi Ternama Indonesia Ini Pernah Dituding Plagiat

Sekarang ini artis terutama penyanyi di Indonesia sangat banyak hingga tak terhitung jumlahnya. Mereka yang hanya bermodal sensasi atau menunjukkan bakat di Youtube saja bisa tiba-tiba menjadi penyanyi terkenal.

Namun, soal kualitas tentu saja berbeda dibandingkan dengan musisi legendaris yang bertahan dari awal debut hingga sekarang.

5 Musisi Ternama Yang Pernah Dituduh Menjiplak

Jika bicara mengenai musisi, mungkin di kepala kita langsung teringat dengan Agnes Mo, Dewa 19, dan lain-lainnya.

Namun, pernahkah kalian mengira bahwa beberapa dar mereka pernah dikecam ketika mengeluarkan lagu baru karena dituduh plagiat? Berikut ini merupaka ulasannya.

1.Mulan Jameela vs Muse

Setelah grup Ratu bubar, istri ahmad Dhani ini bersolo karir. Lagu yang menandakan solo karir pertamanya adalah Makhluk Tuhan Paling Seksi.

Mulan berpenampilan nyentrik dengan rambut warna-warni dalam membawakan lagu barunya tersebut.

Semua orang juga mengakui bahwa lagu MTPS merupakan karya keren yang selalu didengarkan. Namun, ternyata jauh sebelum Mulan terjun ke dunia hiburan, lagu dengan irama yang sama pernah keluar lebih dahulu dan menyita perhatian public.

Lagu tersebut adalah lagu milik grup band beraliran rock alternatif asal Inggris yaitu Muse yang berjudul Time is Running Out.

2.Via Vallen vs Kiroro

Jika kalian mendengarkan lagu Mirae dari seorang penyanyi asal Jepang, Kiroro, pasti kalian akan menyadari adanya nada serta irama yang sama persis dari awal hingga akhir.

Via juga pernah menyanyikan lagu tersebut dan mengunggahnya dalam channel YouTubenya. Saat banyak orang yang mengecap dirinya melakukan plagiat atas lagu tersebut, Via Vallen menyatakan bahwa lagu Mirae merupakan inspirasi dirinya.

Namun, tak semua orang mudah percaya dengan pernyataan tersebut dan tetap menuding Via melakukan plagiasi.

3.Gita Gutawa vs Freshlyground

Karya Gita Gutawa satu ini benar benar dibilang menjiplak karena dilihat dari judul, lirik, serta irama lagunya sangat mirip dengan grup jazz asal Afrika Selatan, Freshlyground.

Kedua judul lagu ini adalah Doo Bee Doo. Namun, Freshlyground merilis lagunya pertama kali pada tahun 2004 dan Gita merilis lagu ini pada 2007.

Belum ada konfirmasi resmi apakah Gita menjiplak lagu tersebut atau mengadaptasinya.

4.Kotak vs Keane

Grup musik kotak yang memiliki seorang vokalis wanita ini dapat bertahan di industry musik hingga sekarang. Salah satu lagu yang selalu terkenang adalah lagu berjudul Selalu Cinta.

Lirik dan melodinya yang sangat apik juga menusuk-nusuk hati hingga lubuk terdalam. Namun, jika didengarkan, lagu ini sangat mirip dengan lagu asal grup band Inggris, Keane, yang berjudul Everybody’s Changing.

Katanya, kesamaan ini terletak pada bagian reffnya.

5.Melly Goeslaw vs t.A.T.u

Lagu yang menjadi soundtrack film Eiffel I’m In Love ini berjudul Tak Tahan Lagi. Karya dari Melly Goeslaw memang sangat banyak. Namun, bukan berarti ia terlepas dari tuduhan plagiasi.

Lagu tak tahan lagi disebut-sebut merupakan tiruan karya duo asal Moscow, t.A.T.u. mereka terdiri dari Lena Katina dan Yulya Vokova yang debut pada 1999.

Lagu mereka yang berjudul Not Gonna Get Us disebut merupakan sumber plagiasi dari karya Melly Goeslaw pada 2002.

Jika kalian putae, lagu ini memang terdengar sangat mirip.

Itulah 5 musisi fenomenal Indonesia yang pernah dituding menjiplak karya musisi luar Indonesia. Namun, mungkin tidak semuanya memberikan pernyataan yang jelas terkait masalah ini.

Tetapi, sebenarnya ide baru dan original itu memang sulit ditemukan. Karena itu, persamaan dalam da buah karya yang muncul seharusnya merupakan sebuah kewajaran. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *