Jumbo Headline!

Got something important to say? Then make it stand out by using the jumbo headline option and get your visitor’s attention right away.

Apa Inspirasi Seorang Musisi Ternama & Berbakat Erwin Gutawa?

Erwin Gutawa merupakan seorang musisi terkenal yang lahir di Jakarta, 16 Mei 1962. Ia merupakan seorang komponis, konduktor, penata musik, hingga bassist asal Indonesia. Pastinya musisi ini sudah tidak asing lagi terdengar oleh telinga masyarakat di Indonesia. Aransemen lagu-lagu ini diciptakan oleh sang maestro musik, dan telah banyak memperoleh penghargaan mulai dari Anugerah Musik Indonesia (AMI) hingga Bandung Musik Festival. Tetapi pencinta musik mungkin banyak yang belum mengetahui, dari manakah sang maestro memperoleh inspirasi dalam mengaransemenkan lagunya. Erwin Gutawa juga mengungkapkan memperoleh inspirasi aransemen sebuah lagu dari suara alat-alat yang dimainkan dalam orkestranya.

“Tentunya kalau saya bikin aransemen saya berpatokan pada itu bahwa bunyi-bunyian yang keluar dari orkestra harus bersinergi menjadi sebuah keindahan,” ucap Erwin Gutawa dalam sebuah Konser “Satukan Energi untuk Indonesia” yang diadakan BNI dengan detikcom, Sabtu, 11 Juli 2020.

Erwin Gutawa juga telah mengatakan, selain dari suara alat musik dalam orkestranya, tentunya teman-teman orkestra juga telah menjadi inspirasi dalam pembuatan aransemen. Karena setiap alat-alat musik yang dipegang oleh pemain orkestra dapat menjadi keharmonian jika dapat bersinergi dengan baik.

“Selalu saya dibantu oleh teman-teman orkestra. Orkestra itu pasti melibatkan puluhan orang dan mereka main di tempatnya masing-masing,” ucap Erwin Gutawa.

“Orkestra itu sudah jadi terjemahan dari sebuah persatuan karena di dalamnya terdiri dari alat-alat yang beragam dan berbeda, tetapi tetap harus bersinergi untuk menyatukan bunyi agar terdengar lebih megah, lebih harmoni, dan segala macem,” ucap tambahnya.

Kemudian, Erwin Gutawa juga bercerita mengenai konsep konser virtual yang membantunya tetap kreatif mengaransemen lagu selama masa pandemi ini. Dirinya juga telah mengakui dengan adanya teknologi sangat membantu musisi dalam hal menciptakan sebuah karya.

“Pertama kali kegiatan virtual konser ini nggak disangka-sangka karena kita kaget banget beberapa bulan yang lalu nggak boleh ngapa-ngapain, tapi kan pada intinya kita para insan seni maupun semua orang harus bisa berbuat sesuatu walaupun di rumah aja. Nah, konser virtual sebenarnya menjadi solusi kalau kita tetap bisa kreatif dengan teknologi,” ucap Erwin Gutawa menjelaskan.

Erwin juga menambahkan, dengan adanya teknologi dan konser virtual banyak hal positif yang telah didapatkan. Hikmahnya konser virtual bisa menjadi alternatif baru dalam sebuah kehidupan seorang musisi.

“Positifnya konser virtual ini juga bisa jadi jalan terus walaupun nanti kita akan kembali membaik karena ini menjadi salah satu aktivitas konser yang menjadi alternatif dari biasanya. Jadi hikmahnya kita punya alternatif baru, punya cara baru untuk nonton dan melakukan kegiatan konser,” ucap jelasnya.

Sebagai informasi, konser virtual “Satukan Energi untuk Indonesia” merupakan konser untuk merayakan HUT ke-74 BNI yang dipersembahkan kepada BNI Hi-Movers dan masyarakat Indonesia. Lagu-lagu yang dipilih merepresentasikan semangat dan optimisme.

Selain Erwin Gutawa, konser ini juga dimeriahkan oleh beberapa musisi ternama Indonesia, seperti Tulus, Ardhito Pramono, Yura Yunita, Kikan, Sruti Respati, hingga Lea Simanjuntak dengan dipandu host Boy William dan Sheila Dara. BNI juga telah mengajak Hi-Movers berdonasi sehingga dapat berkontribusi untuk membantu masyarakat Indonesia yang terdampak pandemi COVID-19. Erwin merupakan seorang anak dari pasangan berdarah Sunda yaitu Gutawa Sumapraja dengan Sariati Kodiat. Di mana Erwin juga telah menikah dengan Lutfi Andriani dan dikaruniai 2 anak, yaitu Aluna Sagita atau yang lebih sering disapa “Gita Gutawa, dan Auria Aria yang sering disapa “Rara Gutawa”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *